C’mon People!

Pagi ini emosi saya meningkat karena melihat seorang pengendara motor dengan tanpa bersalahnya membuang plastik hitam ke sungai. Orang yang buang sampah sembarangan itu otaknya kenapa sih? Nggak habis pikir deh dengan orang-orang yang dengan entengnya buang sampah di jalan apalagi di sungai! Mereka segitu nggak sadarnya sama dampak dari perbuatan mereka atau emang sebenarnya nggak ada rasa peduli sama sekali dengan lingkungan? Orang-orang yang kayak gitu tuh egois cuma mikirin diri sendiri. Saya yakin tiap orang pasti risih sama sampah-sampah mereka, tapi bukan berarti segampang itu melenyapkannya dari pandangan. Mereka kira dengan membuang sampah-sampah dari rumah ke sungai itu selesai tugas mereka. NGGAK! Mereka sama aja menambah masalah baru.

Tiga tahun saya berkutat dengan kegiatan kerelawanan membersihkan sungai Cikapundung bersama teman-teman relawan saya dan dibantu oleh komunitas Cikapundung yang sudah lebih dulu membersihkan sungai tanpa diminta, dan itu nggak pernah kelar. Kenapa? karena masyarakatnya masih banyak yang belum sadar. Giliran banjir mereka nyalahin orang lain. Nggak mikir penyebab sebenarnya apa.

Dari pengalaman itu saya sadar bahwa permasalahan sampah ini nggak akan pernah selesai kalau nggak semua orang sadar dan turun tangan. Nggak perlu membantu bersih-bersih sungai, karena saya yakin nggak banyak yang sudi. Tapi paling tidak membantu mengurangi produksi sampah itu sudah sangat berarti, misal tidak membuang-buang makanan, dan pengurangan penggunaan plastik.

Sadar tidak sadar masalah sampah ini sangat besar dampaknya. Sampah yang mengalir dari sungai akan berakhir di laut. Sedangkan sampah-sampah banyak yang dari plastik yang tidak bisa terurai. Dan bumi ini sebagian besar adalah laut. Bayangkan jika masih banyak manusia yang tidak sadar akan masalah ini, akan seperti apa laut kita nanti? Hewan di laut mati, gas metana dalam laut terlepas ke atmosper. Dan itu artinya semakin parah pemanasan global. So, C’mon people buka mata, telinga dan hati kalian untuk lebih peduli dengan bumi dan isinya.

Oya saya cukup senang dengan peraturan baru pemerintah tentang plastik berbayar. Harusnya harga perplastik itu 5000-10000 biar orang mikir-mikir lagi buat mengeluarkan uang segitu untuk plastik yang hanya sekali pakai.

Advertisements

Published by

DCK

I like reading novels, watching movies, listening to music, traveling. A Banana Addict. A Weirdo AB Blood. Ambivert. Find me on: Twitter @Debby_ck

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s