Bag It Now or Never!

“Think about it, why would you make something that you’re going to use for a few minutes out of a material that’s basically going to last forever, and you’re just going to throw it away. What’s up with that?”

– Jeb Berrier

Melakukan kegiatan sosial bertema lingkungan dan hewan semakin membuatku belajar banyak tentang isu-isu lingkungan. Akhir-akhir ini, sering kali film-film yang saya tonton beralih ke film dokumenter tentang isu lingkungan dan hewan. Di mulai dengan rasa penasaran saya tentang kejahatan berkedok LSM yang peduli lingkungan, saya mulai mencari tau informasi melalui google dan media sosial. Suatu hari, saya membaca sebuah postingan dari teman saya yang menyebut film Cowspiracy. Saya langsung mencari tahu tentang film tersebut.

Ketika menonton saya mendapati sebuah fakta dari film tersebut bahwa faktor utama yang merusak lingkungan itu adalah kotoran hewan ternak! Namun, hal tersebut tidak banyak diangkat oleh NGO-NGO yang katanya peduli lingkungan. Masalah itu lah yang diangkat oleh film ini. Ada apa dengan organisasi-organisasi tersebut? Sejak aku menonton film tersebut, aku bertekat untuk menjadi vegan. Tentunya menjadi sepenuhnya vegan tidaklah mudah, namun saya mulai belajar untuk mengurangi konsumsi produk ternak dan memperbanyak makan sayur dan buah. Untungnya tidaklah terlalu sulit untuk tidak makan daging, ikan atau susu karena pada dasarnya saya tidak begitu menyukai makanan tersebut. Namun saya masih belajar untuk mengurangi konsumsi dairy product.

Selain film Cowspiracy, saya mulai mencari tau banyak film-film dokumenter lain tentang isu lingkungan dan hewan. Ternyata isu yang menarik perhatian saya saling bersinggungan. Isu kerusakan lingkungan sangat berdampak dengan kehidupan hewan. Hutan rusak berarti tidak ada habitat untuk hewan-hewan.

Terlalu banyak masalah di sekitar kita yang baru saya sadari. Semakin banyak saya tahu, semakin resah dan pening kepala. Saya ingin melakukan perubahan minimal untuk diri sendiri namun ternyata tidaklah mudah tanpa dukungan dari orang-orang di sekitar.

Baru-baru ini saya menonton film dokumenter tentang plastik. Semenjak saya sering melakukan kegiatan membersihkan sungai Cikapundung bersama relawan GREAT, saya semakin sadar bahwa masalah lingkungan itu sangat banyak terlebih lagi membersihkan sungai dari sampah-sampah tidaklah mudah.

Apalagi ketika menonton film Bag It, orang-orang yang peduli lingkungan membersihkan laut (bukan lagi sungai!) dari sampah-sampah plastik yang sudah mengurai terkena sinar matahari menjadi potongan-potongan kecil. Plastik-plastik tersebut sangat berbahaya karena mengandung toksin dan banyak kasus hewan laut mati karena memakan plastik yang mereka kira adalah makanan. Menurut artikel yang saya baca, beberapa tahun ke depan jumlah plastik di laut akan lebih banyak daripada jumlah ikan di laut jika kita tidak mengurangi bahkan berhenti menggunakan plastik. Karena membersihkan apa yang sudah tercemar pastilah membutuhkan waktu yang lama, namun kita bisa membantu dengan cara mengurangi penggunaan plastik agar sampah di luar sana tidak bertambah dan hewan-hewan laut tidak banyak yang mati karena salah mengira plastik sebagai makanan.

Perlu untuk diketahui bahwa plastik terbuat dari bahan bakar fosil yang tidak terbarukan. So, berdasarkan kutipan Jeb Berrier “….why would you make something that you’re going to use for a few minutes out of a material that’s basically going to last forever, and you’re just going to throw it away. What’s up with that?”

**Baca juga https://debbyboydeboy.wordpress.com/2015/05/06/start-from-small-things-to-save-them/

*Kunjungi juga http://www.bagitmovie.com

Published by

DCK

I like reading novels, watching movies, listening to music, traveling. A Banana Addict. A Weirdo AB Blood. Ambivert. Find me on: Twitter @Debby_ck

One thought on “Bag It Now or Never!”

Leave a Reply

