[IDVolunteering] Menjadi Relawan = Memberikan Penghargaan kepada Diri Sendiri

Tahun 2013 adalah awal mula saya terjun dalam kegiatan kerelawanan. Saya mulai mencintai bidang ini berkat bergabung dengan Indonesia International Work Camp (IIWC), salah satu organisasi kerelawanan internasional di Indonesia. IIWC merupakan organisasi di bawah PKBI Jateng yang memiliki komunitas di beberapa kota yang menjadi wadah bagi para relawan menyalurkan ide-ide sosial mereka. Kebetulan saya kuliah di Bandung, dan saat itu hanya ada 5 orang volunteer berdomisili di Bandung yang bergabung dengan IIWC. Kemudian kami bersama-sama membentuk IIWC community Bandung (ICB) dan melakukan beberapa kegiatan sosial. Pengalaman pertama saya adalah menjadi fasilitator, tenaga pengajar di Desa Batu Loceng, Cibodas, Jawa Barat. Hampir setiap minggu kami berlima bergantian datang ke desa tersebut dan belajar bersama anak-anak di desa. Kegiatan tersebut bertujuan untuk mempersiapkan workcamp pertama di Bandung yang diadakan di Batu Loceng. Kegiatan workcamp merupakan kegiatan dua minggu ‘berkemah’ dengan relawan dari luar negeri.

Jika tahun 2013 adalah tahun pertama diadakan workcamp, maka tahun 2014 adalah tahun pertama saya mengikuti workcamp dan menjadi camp leader (penanggung jawab workcamp). Pengalaman workcamp pertama saya bertempat di daerah Pulosari di bawah jempatan Pasopati. Saya bersama partner camp leader dan relawan dari beberapa negara seperti Indonesia, Jepang, Lithuania dan Polandia melakukan berbagai kegiatan. Kegiatan utama kami adalah membersihkan sungai Cikapundung dan menanamkan kesadaran kepada penduduk setempat untuk menjaga kebersihan sungai dan lingkungan.

Cleaning CIkapundung River part 1
Cleaning CIkapundung River part 1

Banyak pengalaman dan perubahan yang saya rasakan ketika melakukan kegiatan kerelawanan. Saya sangat ingat ketika pertama kali turun untuk membersihkan sungai Cikapundung bersama teman-teman relawan lainnya, pemikiran saya tersentil ketika melihat teman-teman relawan yang datang jauh-jauh dari Jepang, Lithuania, dan Polandia tersebut mengambil sampah-sampah di sungai tanpa mengeluh. Bagaimana bisa mereka jauh-jauh ke Indonesia, dengan uang pribadi mereka, hanya untuk membantu kami membersihkan sungai sedangkan orang-orang yang tinggal di sekitar sungai saja tidak peduli dengan kebersihan lingkungannya. Pemikiran tersebut seketika membuat saya yang sebagai orang Indonesia malu. Mungkin sejak saat itu, tanpa sadar saya mulai melakukan kebiasaan untuk tidak membuang sampah di sembarang tempat dan memperingatkan orang-orang di sekitar saya yang ketawan membuang sampah sembarangan.

Tahun kedua Cikapundung Workcamp: membersihkan sungai dengan anak-anak setempat
Tahun kedua Cikapundung Workcamp: membersihkan sungai dengan anak-anak setempat

Selain itu, ketika memperingati World Food Day tahun lalu, saya juga memiliki kebiasaan baru untuk tidak menyisakan makanan karena hal tersebut merupakan salah satu cara untuk mengurangi sampah. Saya juga ikut kegiatan bertani yang setelah saya sadari ternyata tidaklah mudah. Maka dari itu, kita harus lebih mengapresiasikan para petani dengan tidak membuang-buang makanan.

Hal yang benar-benar saya sadari ketika melakukan segelintir kegiatan kerelawanan adalah bahwa perubahan paling besar yang dirasakan itu datang pada diri sendiri. Percayalah, setiap kali kita melakukan kegiatan kerelawanan dengan tulus, walaupun kita tidak melakukan perubahan besar untuk lingkungan di sekeliling kita, setidaknya kegiatan tersebut membantu kita untuk memperbaiki diri lebih dulu. Selain itu juga, kegiatan kerelawanan menumbuhkan rasa kepedulian dan kepekaan kepada sekeliling kita.

Link terkait: Volunteering Activities

Tulisan ini ditujukan untuk mengikuti Lomba Blog Kesukarelawanan

Published by

DCK

I like reading novels, watching movies, listening to music, traveling. A Banana Addict. A Weirdo AB Blood. Ambivert. Find me on: Twitter @Debby_ck

One thought on “[IDVolunteering] Menjadi Relawan = Memberikan Penghargaan kepada Diri Sendiri”

Leave a Reply

